Quote:

"I Have Not Failed, I've Just Found a Million Ways That Won't Work or Million Experience That Teached Me To be More Stronger"

Translator

Tuesday, February 21, 2012

Kirab Budaya Cap Goh Meh 2012 Bandung

Kirab Budaya Cap Goh Meh adalah festival yang diadakan di kota bandung untuk merayakan Cap Goh Meh (15hari setelah perayaan Imlek). Festival ini bermula pada tahun 2011 yang di ikuti oleh hampir seluruh vihara maupun perkumpulan barongsai atau liong yang ada di jawa barat. Festival tersebut mengelilingi sebagian ruas jalan kota bandung di mulai dari sebuah klenteng di cibadak di teruskan ke arah jalan jendral sudirman, kebon jati, paskal hyper square dan sekitarnya. Pada tahun 2012 ini festival tersebut di ikutin hampir 7000 pemain barong, liong dan pengendong altar Tua Pek Kong. Kirab Budaya Cap Goh Meh ini akan menjadi jadwal rutin tahunan.


Fesitval Kirab Budaya Cap Goh Meh diawali dengan barisan kesenian budaya sunda, mobil hias dan pembawa lampion. Kirab Budaya  di ikuti dari segala kalangan dan usia ikut meramaikan Kirab Budaya Cap Goh Meh.



Kirab yang dimulai dari jam 4 sore ini di meriahkan oleh beberapa kostum boneka dan arak-arakan altar dewa-dewa oleh sejumlah orang. terlihat diatas ada seorang yang sudah cukup berumur masih semangat menarik altar dewa di ikuti dengan ke kaguman para pengunjung yang berada dalam kirab sore itu.

Tradisi etnis tionghua yang memohon berkat kepada dewa, terlihat banyak orang yang menghampiri altar dewa untuk memberikan ang pao ( amplop merah yang berisi uang ) atau sekedar menyembah dan ikut mengotong altar tersebut. Mengotong dan memberikan ang pao pada altar dewa di percaya dapat memberikan berkat.



Kirab Budaya Cap Goh Meh tahun ini mendatangkan orang yang tubuhnya di gunakan oleh dewa sebagai media. Orang tersebut juga biasanya mendiami klenteng sebagai perantara orang yang percaya dan dewa. Orang tersebut duduk disebuah tandu dan di gotong oleh beberapa orang. Sejumlah kawat panjang terlihat menembus pipi dan tangan orang yang di percaya  dapat memanggil dewa untuk masuk kedalam tubuhnya.

Altar Tua Pek Kong  Digotong Selama Acara Kirab Berlangsung:


Memberikan Ang Pao Kepada Barongsai Di Percaya Dapat Memberikan Berkat Atau Mengundang Masuk Ke Rumah Dapat Mengusir Hal- Hal Yang Buruk.

 Tidak Hanya Kalangan Pria Yang Memainkan Barongsai:


Acara Kirab Budaya Cap Goh Meh 2012 Disuguhi Oleh Sejumlah Atraksi Yang Di Lakukan Oleh Pemain Barongsai


Tweet This

0 comments:

Post a Comment